Thursday, October 5, 2017

7 Anime Mirip Shigatsu wa Kimi no Uso

Gugenkatsu - Your Lie in April atau Shigatsu wa Kimi no Uso adalah salah satu anime romance terbaik yang pernah ada yang dibuat berdasarkan serial manga dengan nama yang sama. Nah buat kamu yang lagi nyari anime dengan feel yang bisa dibilang mirip anime Shigatsu wa Kimi no Uso ini, coba deh beberapa rekomendasi anime yang Gugenkatsu rekomendasikan kali ini.

anime mirip shigatsu wa kimi no uso

Shigatsu wa Kimi no Uso sendiri menceritakan kisah pemulihan Kousei saat dia menemukan bahwa musik lebih dari sekedar memainkan note piano dengan sempurna dan setiap satu melodi bisa mendatangkan udara musim semi segar di bulan April. Dan berikut adalah list Anime mirip Shigatsu wa Kimi no Uso.

#1. Nodame Cantabile

anime mirip shigatsu wa kimi no uso

Shinichi Chiaki adalah musisi kelas satu yang bermimpi bisa bermain di kalangan musisi elit di Eropa. Datang dari keluarga terhormat, dia adalah seorang perfeksionis yang terkenal, dia tidak hanya suka mengkritik dirinya sendiri, tapi juga orang lain. Satu-satunya yang menghentikan Shinichi untuk pergi ke Eropa adalah ketakutannya untuk terbang.

Baca Juga: 25 Rekomendasi Anime Sport Terbaik Yang Jangan Sampai Kamu Lewatkan

Selama tahun keempat di universitas musik di Jepang, Shinichi kebetulan bertemu Megumi Noda dan memanggilnya Nodame. Dia nampaknya adalah gadis yang tidak terawat tanpa arah dalam hidupnya. Namun, ketika Shinichi mendengar Nodame bermain piano untuk pertama kalinya, dia sangat mengagumi jenis musik yang dia ciptakan. Meski begitu, Shinichi cemas saat mengetahui bahwa Nodame adalah tetangganya, dan yang lebih buruk lagi, dia akhirnya jatuh cinta padanya.

Kedua anime tersebut menampilkan beberapa kesamaan:
- Tokoh laki-laki adalah orang yang tenang dan ahli dalam piano.
- Tokoh wanita agak unik dan suka dengan piano/biola.
- Heroine akhirnya mengilhami karakter utama dengan kepribadiannya yang ceria

#2. Sakamichi no Apollon

anime mirip your lie in april

Seorang pianis klasik introvert bernama Kaoru Nishimi baru saja tiba di Kyushu untuk menjalani tahun pertamanya bersekolah di SMA. Setelah terus berpindah dari satu tempat ke tempat lain sejak masa kecilnya, dia meninggalkan semua harapan untuk menyesuaikan diri bersama temannya dan mempersiapkan dirinya lagi untuk kembali menjalani hari-harinya yang sepi dan tidak berarti lagi.

Suatu hari ia bertemu dengan Sentarou Kawabuchi. Cinta Sentarou yang tak terukur untuk musik jazz mengilhami Kaoru untuk belajar lebih banyak tentang musik genre ini, dan akibatnya, dia perlahan mulai berbaur dengan orang lain dan berteman dengannya.

Anime Sakamichi no Apollon menceritakan tentang kisah persahabatan, musik, dan cinta yang hangat yang mengikuti tiga individu unik yang disatukan oleh musik jazz.

Kedua anime ini memiliki beberapa kesamaan yaitu, mengisahkan tentang musik, persahabatan dan juga cinta.

#3. White Album 2

anime like shigatsu wa kimi no uso

Anime ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Kitahara Haruki, salah satu anggota dari klub musik ringan yang terancam dibubarkan. Pada tahap ini, mimpi anak kelas tiga untuk tampil di Festival Sekolah tidak akan bisa terwujud.

Baca Juga: Inilah 20 Game RPG Terbaik Sepanjang Masa Menurut Fans Jepang

Haruki yang saat itu tidak bisa berbuat banyak dan hanya bisa menyerah. Satu-satunya hal yang bisa dia lakukan hanyalah bermain gitar di klub tersebut sehabis pulang sekolah. Pada suatu hari, saat Haruki memainkan sebuah lagu yang berjudul White Album, tiba-tiba terdengar suara piano yang mengiringi permainan gitarnya.

Saat itu Haruki tidak ambil pusing dan melanjutkan duetnya dengan orang yang tidak ia kenal tersebut. Beberapa hari berlalu dan suara piano itu terus mengiringi setiap lagu yang dimainkan Haruki. Sampai suatu saat, ada orang misterius yang menyanyi dengan diiringi suara gitar dan piano yang Haruki dan orang misterius lain mainkan.

Darisini, Haruki mendapatkan sebuah ide untuk mencari tahu siapa 2 orang misterius tersebut dan berusaha mengajaknya untuk tampil di festival budaya demi bisa mewujudkan mimpi anak kelas tiga yang ingin klub musik ringan tampil di festival sekolah.

White Album 2 dan Shigatsu wa Kimi no Uso menggunakan musik sebagai plot untuk memajukan cerita serta menghubungkan antar karakter. White Album 2 murni berfokus pada genre asmara meski tidak tragis seperti Shigatsu wa Kini no Uso.

#4. Kiniro no Corda: Primo Passo

anime like your lie in april

Kahoko Hino adalah seorang siswa yang terdaftar di salah satu sekolah paling bergengsi. Terbagi menjadi 2 bagian - Cabang Normal tempat dia berada, dan Cabang Musik. Namun, Kahoko tidak memiliki pengetahuan bermusik sampai munculnya peri bernama Lili. Dia dianugerahi biola magis yang bermain langsung dari emosinya. Karena pertemuan ini, Kahoko menjadi satu-satunya siswa Normal yang bermain dalam kompetisi musik yang diselenggarakan oleh sekolah tersebut. Sekarang, dia menjadi terlibat dalam kompetisi di antara sesama pesaing dan rekan-rekannya.

Kiniro no Corda menceritakan tentang seseorang yang mencoba menjadi musisi. Demikian juga dengan Shigatsu wa Kimi no Uso, di mana karakternya terbukti berada dalam konflik internal dengan gaya bermain mereka, Kiniro menekankan pentingnya menggunakan perasaan dan emosi untuk memainkan peran. Tokoh protagonis untuk kedua anime juga sama-sama menampilkan pemain biola.

#5. Piano no Mori


Amamiya Shuuhei pindah dari Tokyo ke pedesaan karena kesehatan buruk neneknya. Ayahnya adalah seorang pianis terkenal dan Shuuhei telah mengikuti pelajaran piano sejak kecil, dan bercita-cita mengikuti jejak ayahnya. Di sekolah, dia diejek teman sekelasnya dan berani bermain piano di hutan.

Piano ini dikatakan terkutuk: jika kau memainkannya, tidak ada suara yang akan datang. Setelah pulang sekolah, Ichinose Kai, seorang anak laki-laki di kelas yang sama, membawa Shuuhei ke hutan. Ketika Shuuhei mencoba memainkannya dia gagal, tapi Kai berhasil memainkan lagu yang indah dari piano ini. Inilah awal persahabatan yang kuat, dan sebuah kisah tentang dua anak laki-laki yang sangat berbeda mengembangkan keterampilan mereka sebagai musisi.

Kedua anime ini sama sama menceritakan tentang seorang pianis.

#6. Nagi no Asukara


Nagi No Asukara berlatar di dunia fantasi dimana manusia yang hidup terbagi atas dua spesies, yaitu manusia yang tinggal di daratan dan manusia yang tinggal di lautan. Seiring dengan berjalannya waktu, sebagian manusia yang tinggal di laut mulai mencoba meninggalkan kehidupan di lautan dan bermigrasi pindah ke daratan dan tinggal di sana.

Cerita bermula saat sekolah menengah di lautan ditutup dengan alasan tertentu, sehingga membuat 4 sekawan anak lautan, yaitu: Hikari, Manaka, Kaname dan Chisaki harus melanjutkan sekolahnya di SMP yang ada di daratan.

Baca Juga: Inilah 6 Anime Lain Karya Pencipta Cowboy Bebop Yang Jangan Sampai Kamu Lewatkan

Tentu saja mereka masih sulit beradaptasi, karena mereka memiliki Ena yang tidak boleh kering karena bisa menyebabkan mereka kesulitan untuk bernapas. Selain itu, manusia laut yang ada di darat juga sering didiskriminasi sehingga antara manusia laut dan manusia darat sulit untuk hidup berdampingan di daratan.

Seiring berjalannya waktu, mulai banyak timbul konflik, meskipun tetap mengambil tema romance yang penuh akan permasalahan cinta, tapi Nagi no Asukara memiliki keunikan tersendiri dalam meramu konflik cinta yang muncul.

Keduanya anime ini juga memiliki cerita yang emosional yang dapat membuat penonton tersenyum dan menangis, setiap orang berjuang untuk orang yang mereka cintai. Tapi selalu ada persahabatan yang muncul di sela-sela cinta.

#7. Toradora!


Menceritakan tentang seorang siswa SMA bernama Ryuuji Takasu yang suka dengan pekerjaan rumah tangga dan memiliki sifat yang lemah lembut. Namun berkebalikan dengan sifatnya, Ryuuji memiliki wajah yang menyeramkan seperti anak nakal, sehingga 1 sekolah takut dengannya. Disisi lain ada seorang wanita bernama Aisaka Taiga, yang memiliki tubuh kecil seperti boneka yang tidak lain adalah gadis kecil yang rapuh namun ia memiliki sifat yang agak kasar.

Suatu hari terjadi insiden yang membuat mereka bekerja sama. Ryuuji mengetahui bahwa Taiga menyukai temannya yang bernama Kitamura, begitu pula sebaliknya Taiga mengetahui Ryuuji menyukai temannya yang bernama Minori. Disini mereka berdua bekerja sama untuk mendapatkan orang yang disukainya masing-masing. Disinilah kisah mereka dimulai.

Plot keduanya bisa dibilang mirip. Mereka mungkin tidak berbagi plot utama yang sama (Musik dan Slice of Life / Sekolah) tapi ada banyak kejadian serupa di dalam animenya.

Nah itu dia anime mirip Shigatsu wa Kimi no Uso yang telah gugenkatsu rangkum, jika kamu tau anime lain yang mirip dengan anime di atas jangan lupa sampaikan di kolom komentar ya.

Jangan lupa ikuti kami di jejaring sosial lainnya untuk mendapat info menarik seputar dunia anime secara terupdate
HALAMAN SELANJUTNYA:



Top