Monday, December 26, 2016

Apa Itu Poneglyph Dan Jenisnya

Poneglyph adalah batu berbentuk kubus yang berisikan tulisan kuno yang memuat isi sejarah yang ada di dunia one piece, benda ini bahkan lebih keras dari sebuah besi dan baja. Benda ini tersebar di berbagai tempat di dunia one piece dan satu sama lain antara poneglyph memiliki unsur yang penting untuk menguak sejarah yang hilang yang konon versi lengkap sejarah yang hilang ada pada sebuah batu bernama Rio Poneglyph yang selama ini di cari oleh Nico Robin dan ilmuan Ohara lainnya. Dan saat ini di dunia one piece hanya Robin yang dapat membaca tulisan dalam poneglyph itu karena para ilmuan lainnya yang dapat membaca tulisan itu sudah mati akibat tragedi Buster Call yang menghancurkan seluruh pulau Ohara beserta isinya.

Di dunia one piece orang yang mempelajari isi dari poneglyph adalah sebuah kejahatan dan akan ditangkap karena pemerintah dunia seakan melarang untuk mempelajarinya karena memang dalam beberapa poneglyph terdapat informasi tentang senjata pemusnah masal. Dengan dalih mempelajari sebuah poneglyph adalah sebuah kejahatan ternyata batu ini menyimpan sebuah pesan penting dari masa lalu untuk orang-orang di masa depan tentang sebuah sejarah yang hilang.

Baca juga: 12 Anime Terkenal Yang Berasal Dari Sebuah Video Game

Gol D. Roger dan anak buahnya adalah orang pertama yang berhasil mengarungi seluruh lautan dan berkat kemampuan "hear the voice of all things" yaitu bisa mendengar segala bentuk suara ia berhasil tiba di pulau terakhir di ujung grand line yaitu Raftel. Seakan dunia bersama poneglyph berbisik kepada Roger tentang apa yang terjadi didunia dan memberitahunya tentang sejarah yang hilang. Namun naas bagi Roger sebelum ia berhasil membuktikan tentang sejarah itu dia harus menyerah dengan penyakit yang dideritanya, ia lebih memilih menyerahkan diri kepada angkatan laut dan membuat sebuah era baru bernama ERA BAJAK LAUT yang ia harapkan suatu hari nanti akan ada seorang yang benar-benar berhasil mengungkap sejarah yang sebenarnya.

Terlihat dari bentuknya sebenarnya poneglyph sekilas mirip dengan satu sama lainnya namun sebenarnya poneglyph terbagi menjadi 3 jenis yaitu Poneglyph biasa, Road Poneglyph dan Rio Poleglyph.

Poneglyph Biasa
Poneglyph ini adalah yang paling umum dijumpai biasanya membawa informasi keberadaan poneglyph lainnya salah satu contohnya adalah poneglyph yang berisikan tentang info senjata pemusnah masal Pluton di arabasta dan pesan permintaan maaf dari Joyboy di pulau Gyojin (manusia ikan).

Red Poneglyph
Road Poneglyph/Red Poneglyph
Berbeda dengan poneglyph biasa yang berwarna biru pekat benda ini hanya ada 4 dan memiliki wana merah, benda ini ada untuk menunjukan titik letak dimana pulau Raftel berada. Saat ini 2 buah red poneglyph di pegang oleh 2 yonko, yang satu dipegang oleh yonko Kaido dan yang satu lagi di pegang oleh Yonko Big Mom, sedangkan yang satu lagi berada di tangan suku mink dan yang satu lagi hilang entah kemana (masih belum diketahui).

Rio Poneglyph
Konon benda ini adalah benda yang paling misterius dimana keberadaanya, benda yang berisikan seluruh sejarah yang hilang yang telah dicari-cari oleh Robin dan ilmuan Ohara lainnya.

Jangan lupa ikuti kami di jejaring sosial lainnya untuk mendapat info menarik seputar dunia anime secara terupdate
HALAMAN SELANJUTNYA:



Top